Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernafasan. Virus ini dapat menyebabkan gangguan pada sistem pernafasan, pneumonia akut sampai kematian.
Fogging Puskesmas Patihan
Penderita demam berdarah pada awal tahun 2019 di wilayah kerja Puskesmas Patihan cukup banyak, mulai dari lingkungan rumah sampai sekolah. Olehkarena itu, dilakukan pengasapan (fogging) pada lingkungan / sekolah yang terdapat 3 penderita/ lebih.


Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Moeloek, Sp.M(K) menyatakan bahwa pengasapan (fogging) bukan strategi yang utama dalam mencegah demam berdarah dengue ( DBD). Fogging tidak dilakukan secara rutin, hanya dilakukan saat terjadi kasus di suatu wilayah, sehingga daerah di sekitarnya melakukan fogging untuk memberantas nyamuk sebagai vektor penyakit DBD.
Pencegahan DBD yang paling efektif dan efisien sampai saat ini adalah kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus. Singkatan dari 3M Plus

INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) UPTD PUSKESMAS PATIHAN PEMERINTAH KOTA MADIUN BULAN APRIL – MEI TAHUN 2018
IMUNISASI ORI DIFTERI PUSKESMAS PATIHAN
Difteri adalah suatu penyakit bakteri akut terutama menyerang tonsil, faring, laring, hidung dengan gejala spesifik timbulnya membran . Ada kalanya menyerang selaput lendir atau kadang konjungtiva atau vagina. Penyebab Corynebacterium diphteria (tipe gravis, mitis dan intermedius)
Gejala Difteri adalah :
- Terdapat Lesi khas sebagai suatu membran asimetrik keabu-abuan dikelilingi oleh daerah inflamasi,
- Tenggorokan sakit
- Kelenjar limfe membesar & melunak.
- Adanya oedema & pembengkakan di leher pd kasus sedang & berat (BULLNECK)
- Obstruksi jalan nafas / sesak nafas
Outbreak Response Immunization (ORI) dilaksanakan sebanyak 3 putaran. Putaran pertama dilaksanakan pada bulan Februari tahun 2018 lalu. Untuk putaran kedua dilaksanakan serempak se Kota Madiun pada bulan Juli hingga Agustus 2018 dan ORI putaran ketiga dilakukan bulan November 2018. ORI Difteri perlu dilakukan 3 kali untuk membentuk kekebalan tubuh dari bakteri corynebacterium diphteriae sebagai upaya pengendalian KLB Difteri terutama di Kota Madiun.
Pelaksanaan ORI Difteri
Bagi orang tua yang memiliki putra dan putri berusia antara 1 tahun sampai kurang dari 19 tahun yang belum mendapatkan vaksin di putaran pertama ORI Difteri, tidak perlu khawatir. Lapor ke petugas kesehatan untuk mendapatkan ORI Difteri.

ORI dilaksanakan di sekolah baik TK, SD, SMP, SMA/SLTA dan Posyandu. Bagi anak yang tidak sekolah, ORI dapat dilakukan di Posyandu, Puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya.
Pemerintah yakin melalui ORI yang tepat dan sesuai prosedur, KLB Difteri dapat kita kendalikan. Tentu perlu kerjasama dan partispasi kita semua terutama para orang tua yang mempunyai anak-anak serta upaya bersama pemerintah daerah untuk mengambil langkah cepat mengendalikan masalah KLB ini.


PENETAPAN TARIF PELAYANAN BADAN LAYANAN UMUM DAERAH PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT
STANDART PELAYANAN DI PUSKESMAS PATIHAN
Maklumat Pelayanan

“LOMBA JUMANTIK DAN KELURAHAN SIAGA AKTIF” TINGKAT KOTA MADIUN TH. 2018
JUMANTIK adalah anggota masyarakat yang secara sukarela memantau keberadaan jentik nyamuk Aedes aegypti di lingkungannya. Mereka memiliki tanggung jawab untuk mendorong masyarakat melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) secara rutin. Kader Jumantik setiap bulan akan melaporkan ke puskesmas sejauh mana perkembangan kondisi lingkungan masyarakat di tiap RT masing – masing, apakah terdapat jentik nyamuk positif atau tidak.
KELURAHAN SIAGA AKTIF adalah kelurahan yang penduduknya dapat mengakses pelayanan kesehatan dasar dengan mudah yang memberikan pelayanan setiap hari melalui Pos Kesehatan Kelurahan (Poskeskel), Puskesmas Induk maupun Puskesmas Pembantu serta penduduknya dapat mengembangkan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM), melaksanakan surveilans berbasis masyarakat, penanggulangan bencana serta penyehatan lingkungan sehingga masyarakatnya mampu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
KELURAHAN SOGATEN merupakan salah satu kelurahan yang terpilih sebagai wakil dari Puskesmas Patihan untuk maju dalam lomba Jumantik dan Kelurahan Siaga Aktif tahun 2018. Diadakan lomba tersebut hakekatnya adalah sebagai salah satu upaya untuk mendorong masyarakat atas dasar tekad dan motivasi yang tinggi untuk mengevaluasi keberhasilan pelaksanaan Jumantik dan Kelurahan Siaga Aktif di masyarakat Kelurahan Sogaten. Kelurahan Siaga Aktif “SEDAP MALAM” Sogaten mempunyai beberapa inovasi yang di unggulkan dalam bidang kesehatan.
Beberapa inovasi yang berkaitan dengan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat seperti KERIPEK PARU DIKALA SEPI (Kita Perangi Penyakit Paru dengan Membuka Jendela Setiap Pagi) ; MASAK PARE (Masker Saku Para Kader) ; Satgas TB “ADHIMUKTI” ; PEMANFAATAN TOGA (Tanaman Obat Keluarga) untuk dijadikan minuman segar yaitu JANCUK (Jahe Kencur Jeruk) dan JASURE (Jahe Susu Sere) ; GEMASERI (Gemar Menanam Sere dan Kemangi); GELATIK (Gerakan Lahan Kosong Bebas Jentik) ; GREBEK JENTIK (Pemeriksaan Jentik Berkala) ; JUMANTIK SEKOLAH ; serta kegiatan-kegiatan lainnya yang tertera dalam Pokja Keluarahan Siaga Aktif.
Lomba Jumantik dan Lomba Kelurahan Siaga Aktif “SEDAP MALAM” dilaksanakan pada tanggal 7 Mei 2018 pukul 12.30 WIB. Lomba diawali dengan penerimaan juri disambut yel – yel dari kader kesehatan Kelurahan Sogaten. Selanjutnya kegiatan dilaksanakan di aula kelurahan dengan beberapa runtutan acara seperti pembukaan dengan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, persembahan lagu Mars Kelurahan Siaga dan Yel – Yel oleh kader – kader. Setelah itu dilanjutkan sambutan Camat Manguharjo atau yang mewakili, sambutan Kepala Dinas Kesehatan dan KB atau yang mewakili, sambutan Tim Penilai, paparan singkat tentang alur lomba, kunjungan lapangan, administrasi dan di akhiri penutup.
Pengurus Kelurahan Siaga Aktif, para kader serta tim Pembina dari Puskesmas Patihan (PUSPA) terlihat sangat antusias dan berupaya menjadi yang terbaik dalam menaklukan item penilaian yang telah dibuat oleh tim penilai dari Dinas Kesehatan dan KB Kota Madiun. Tidak selang beberapa minggu setelah Lomba Kelurahan Siaga Aktif berakhir, pengumuman kejuaraan keluar dan akhirnya kabar gembira kembali menghampiri bahwa Kelurahan Siaga Aktif “SEDAP MALAM” Kelurahan Sogaten tahun 2018 ini berhasil meraih juara 1 dan Kelurahan Bebas Jentik (Jumantik) meraih juara harapan 1. Alhamdulillah, ternyata semua pengorbanan tenaga, waktu dan pikiran seluruh team tidak sia – sia, dan semoga bisa tetap dipertahankan apa yang telah diperoleh, Aamiin …
Analisis Nilai SKM Puskesmas Patihan Tahun 2016 – 2018
Analisis Nilai SKM Puskesmas Patihan
Tahun 2016
NO | INDIKATOR | JUMLAH NILAI PER KATEGORI | HASIL PENGUKURAN |
1 | Kemudahan mendapatkan informasi | 3,10 | Baik |
2 | Kemudahan Prosedur | 3,09 | Baik |
3 | Persyaratan Pelayanan | 3,15 | Baik |
4 | Keberadaan petugas pelayanan | 3,12 | Baik |
5 | Kedisiplinan petugas pelayanan | 3,15 | Baik |
6 | Kemampuan petugas pelayanan | 3,13 | Baik |
7 | Kecepatan waktu penyelesaian pelayanan | 3,21 | Baik |
8 | Keadilan mendapatkan pelayanan | 3,01 | Baik |
9 | Kesopanan petugas pelayanan | 3,15 | Baik |
10 | Keramahan petugas pelayanan | 3,11 | Baik |
11 | Kesesuaian biaya pelayanan | 3,16 | Sangat Baik |
12 | Ketepatan waktu pelayanan | 3,11 | Sangat Baik |
13 | Ketersediaan fasilitas pelayanan | 3,13 | Baik |
14 | Kenyamanan Lingkungan | 3,27 | Baik |
15 | Keamanan pelayanan | 3,26 | Baik |
16 | Keberadaan maklumat pelayanan | 3,04 | Baik |
17 | Keberadaan sarana pengaduan/saran | 3,14 | Baik |
NILAI RATA-RATA | 3,14 | ||
NILAI SKM (3,14*25) | 79,96 | BAIK |
Analisis Nilai SKM Puskesmas Patihan
Tahun 2017
NO | INDIKATOR | JUMLAH NILAI PER KATEGORI | HASIL PENGUKURAN |
1 | Kemudahan mendapatkan informasi | 3,19 | Baik |
2 | Kemudahan Prosedur | 3,17 | Baik |
3 | Persyaratan Pelayanan | 3,14 | Baik |
4 | Keberadaan petugas pelayanan | 3,18 | Baik |
5 | Kedisiplinan petugas pelayanan | 3,11 | Baik |
6 | Kemampuan petugas pelayanan | 3,15 | Baik |
7 | Kecepatan waktu penyelesaian pelayanan | 3,03 | Baik |
8 | Keadilan mendapatkan pelayanan | 3,12 | Baik |
9 | Kesopanan petugas pelayanan | 3,19 | Baik |
10 | Keramahan petugas pelayanan | 3,11 | Baik |
11 | Kesesuaian biaya pelayanan | 3,07 | Baik |
12 | Ketepatan waktu pelayanan | 3,12 | Baik |
13 | Ketersediaan fasilitas pelayanan | 3,15 | Baik |
14 | Kenyamanan Lingkungan | 3,27 | Sangat Baik |
15 | Keamanan pelayanan | 3,15 | Baik |
16 | Keberadaan maklumat pelayanan | 3,12 | Baik |
17 | Keberadaan sarana pengaduan/saran | 3,09 | Baik |
NILAI RATA-RATA | 3,14 | ||
NILAI SKM (3,14*25) | 78,45 | BAIK |
Analisis Nilai SKM Puskesmas Patihan
Tahun 2018
NO | INDIKATOR | JUMLAH NILAI PER KATEGORI | HASIL PENGUKURAN |
1 | Persyaratan Pelayanan | 3,26 | Baik |
2 | Prosedur Pelayanan | 3,41 | Baik |
3 | Waktu penyelesaian pelayanan | 3,24 | Baik |
4 | Kewajaran Biaya/ Tarif Pelayanan | 4,00 | Sangat Baik |
5 | Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan | 3,21 | Baik |
6 | Kompetensi pelaksana pelayanan | 3,21 | Baik |
7 | Kecepatan waktu penyelesaian pelayanan | 3,23 | Baik |
8 | Sarana dan Prasarana | 3,13 | Baik |
9 | Penanganan Pengaduan, saran, dan masukan | 3,43 | Baik |
NILAI RATA-RATA | 3,35 | ||
NILAI SKM (3,35*25) | 83,67 | BAIK |
PROGRAM INOVASI PUSPA
Puskesmas Patihan memiliki 3 program Inovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Inovasi tersebut antara lain :
- LAJU WARTA (Layanan Antar Jemput Warga Kota Madiun)
- PKPR MUTIARA (Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja, Melayani dan Peduli terhadap Kesehatan dan Konseling Anak dan Remaja)
- POJOK TB