“LOMBA JUMANTIK DAN KELURAHAN SIAGA AKTIF” TINGKAT KOTA MADIUN TH. 2018

JUMANTIK adalah anggota masyarakat yang secara sukarela memantau keberadaan jentik nyamuk Aedes aegypti di lingkungannya. Mereka memiliki tanggung jawab untuk mendorong masyarakat melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) secara rutin. Kader Jumantik setiap bulan akan melaporkan ke puskesmas sejauh mana perkembangan kondisi lingkungan masyarakat di tiap RT masing – masing, apakah terdapat jentik nyamuk positif atau tidak.

 

KELURAHAN SIAGA AKTIF adalah kelurahan yang penduduknya dapat mengakses pelayanan kesehatan dasar dengan mudah yang memberikan pelayanan setiap hari melalui Pos Kesehatan Kelurahan (Poskeskel), Puskesmas Induk maupun Puskesmas Pembantu serta penduduknya dapat mengembangkan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM), melaksanakan surveilans berbasis masyarakat, penanggulangan bencana serta penyehatan lingkungan sehingga masyarakatnya mampu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

KELURAHAN SOGATEN merupakan salah satu kelurahan yang terpilih sebagai wakil dari Puskesmas Patihan untuk maju dalam lomba Jumantik dan Kelurahan Siaga Aktif tahun 2018. Diadakan lomba tersebut hakekatnya adalah sebagai salah satu upaya untuk mendorong masyarakat atas dasar tekad dan motivasi yang tinggi untuk mengevaluasi keberhasilan pelaksanaan Jumantik dan Kelurahan Siaga Aktif di masyarakat Kelurahan Sogaten. Kelurahan Siaga Aktif “SEDAP MALAM” Sogaten  mempunyai beberapa inovasi yang di unggulkan dalam bidang kesehatan.

Beberapa inovasi yang berkaitan dengan Upaya Kesehatan  Bersumberdaya Masyarakat seperti KERIPEK PARU DIKALA SEPI (Kita Perangi Penyakit Paru dengan Membuka Jendela Setiap Pagi) ; MASAK PARE (Masker Saku Para Kader) ; Satgas TB “ADHIMUKTI” ; PEMANFAATAN TOGA (Tanaman Obat Keluarga) untuk dijadikan minuman segar yaitu JANCUK (Jahe Kencur Jeruk) dan JASURE (Jahe Susu Sere) ; GEMASERI (Gemar Menanam Sere dan Kemangi); GELATIK (Gerakan Lahan Kosong Bebas Jentik) ; GREBEK JENTIK (Pemeriksaan Jentik Berkala) ; JUMANTIK SEKOLAH ; serta kegiatan-kegiatan lainnya yang tertera dalam Pokja Keluarahan Siaga Aktif.

Lomba Jumantik dan Lomba Kelurahan Siaga Aktif “SEDAP MALAM” dilaksanakan pada tanggal 7 Mei 2018 pukul 12.30 WIB. Lomba diawali dengan penerimaan juri disambut yel – yel dari kader kesehatan Kelurahan Sogaten. Selanjutnya kegiatan dilaksanakan di aula kelurahan dengan beberapa runtutan acara seperti pembukaan dengan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, persembahan lagu Mars Kelurahan Siaga dan Yel – Yel oleh kader – kader. Setelah itu dilanjutkan sambutan Camat Manguharjo atau yang mewakili, sambutan Kepala Dinas Kesehatan dan KB atau yang mewakili, sambutan Tim Penilai, paparan singkat tentang alur lomba, kunjungan lapangan, administrasi dan di akhiri penutup.

 

Pengurus Kelurahan Siaga Aktif, para kader serta tim Pembina dari Puskesmas Patihan (PUSPA) terlihat sangat antusias dan berupaya menjadi yang terbaik dalam menaklukan item penilaian yang telah dibuat oleh tim penilai dari Dinas Kesehatan dan KB Kota Madiun. Tidak selang beberapa minggu setelah Lomba Kelurahan Siaga Aktif berakhir, pengumuman kejuaraan keluar dan akhirnya kabar gembira kembali menghampiri bahwa Kelurahan Siaga Aktif “SEDAP MALAM” Kelurahan Sogaten tahun 2018 ini berhasil meraih juara 1 dan Kelurahan Bebas Jentik (Jumantik) meraih juara harapan 1. Alhamdulillah, ternyata semua pengorbanan tenaga, waktu dan pikiran seluruh team tidak sia – sia, dan semoga bisa tetap dipertahankan apa yang telah diperoleh, Aamiin …